Thursday, September 13, 2018

Baru tahu ternyata gunung Krakatau dahsyat banget

          Hai kalian semua...
Kali ini aku mau bahas tentang gunung krakatau. Sebelumnya aku udh bahas yg fun-fun aja, tapi kali ini aku mau bahas gunung krakatau yg dahsyat banget guys. Ledakan krakatau bahkan lebih besar 10.000 kali lipat dari ledakan bom di kota Hiroshima dan Nagasaki pada PD II.
Gunung krakatau terletak di Lampung. Pada tahun 1883 gunung purba ini meletus sangat dahsyat. Sedahsyat apa gunungnya ? Nah, biar kalian tahu, aku akan membawa kalian kedalam mimpi buruk. Hehe just kidding.
Berikut fakta-faktanya :

1. Jutaan ton debu yg menutupi atmosfer


Bahkan negara lainpun ikut terkena dampaknya seperti negara Australia. Debu yg benar-benar tebal menutupi udara layaknya hari kiamat yg sudah tiba. Kondisi ini menyebabkan turunnya suhu bumi 5 tahun lamanya. Bumi ini menjadi dingin dikarenakan sinar matahari yg tertutup debu vulkanik mahadahsyat ini.

2. Muncul tsunami raksasa


Letak gunung krakatau berada di tengah laut. Bisa dibayangkan letusannya yg dibarengi tsunami besar menyapu ke daratan dan menewaskan kehidupan lebih dari 50%

3. Lukisan The Scream


Lukisan karya Edvard Munch ini 
kemungkinan ada kaitannya dengan letusan gunung krakatau yg menggelapkan dunia. Bisa dilihat dari gambarnya bahwa awan menjadi gelap gulita dan seseorang sedang berteriak disana.

4. Muncul gunung baru


Pada th. 1927 muncullah anak krakatau yg merupakan hasil dari letusan induknya terdahulu. Setiap bulannya anak krakatau mengalami peninggian gunung sebanyak 2 cm. 
Sekarang pasir pantai di dekat gunung krakatau berwarna hitam akibat ledakan gunung krakatau sendiri.


Mengesankan bukan ?

No comments:

Post a Comment